Translate

Minggu, 18 Mei 2014

Forum Perempuan Universitas Airlangga Kini....(Part I)

Oleh : P. Priesta Desianti  | Menteri Pemberdayaan Perempuan BEM UA 2014 | Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik| 2011

Dinamika organisasi dalam lingkungan Universitas Airlangga sungguh sangat terasa. Kami pun sebagai formator  Forum Perempuan Uiveristas Airlangga merasakan pula hal itu.
Menuju pergantian kabinet BEM UA, pertimbangan mengembangkan wadah srikandi ini menjadi semakin tinggi dan krusial. Hal itu kami sadari dari fungsi dan lingkup kami yang kurang sesuai dengan atmosfer sosial di kampus Airlangga. Urgensitas lahirnya sebuah forum yang mewadahi gerakan khusus perempuan dirasa kurang, mengingat tidak cukup kuatnya alasan kami ada ditengah dominasi perempuan yang telah mencapai egaliter hak dan kewajiban dalam kampus Airlangga ini. Hal inilah yang kemudian membuat kami membulatkan tekat dan memperjuangkan transformasi  bentuk dari yang semula sebuah forum menjadi sebuah kementerian dalam kabinet BEM UA 2014.
Awal kami dibentuk diseparo perjalanan kabinet 2013 lalu adalah untuk menjadi supporting system BEM UA dengan menguatkan lini bawah struktur ini, yaitu lini kelompok perempuan. Namun ternyata, kami mengalami kesulitan menjalankan fungsi tersebut secara maksimal dalam hal birokrasi pun dana.  Dan akhirnya, pertemuan pertama kami dengan ketua dan wakil ketua BEM UA 2014 pun terjadi di awal bulan April 2014. Pertemuan tersebut kami manfaatkan untuk menjelaskan maksut kami mentransformasikan bentuk FP UA. Sebuah negosiasi pun terjadi dalam beberapa hari kedepannya hingga akhirnya, proposal kami diterima dan kini FP UA telah menjadi KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BEM UA.
Dalam bentuk kami yang baru kini, fungsi sebagai supporting system BEM UA lebih dapat kami jalankan secara maksimal. Tidak hanya itu, tujuan yang menjadi  visi kami lebih dapat dilaksanakan dengan jelas, yaitu untuk memberikan inspirasi bagi perempuan  dalam menjadi dan menjalani perannya dengan baik yang mampu melahirkan generasi terbaik bagi bangsa dan negara. Dengan tagline yang sama “Perempuan poros peradaban bangsa” ditambah dengan perealisasian visi dalam jargon “be smart be inspire” kami pun melangkah lebih mantab bersama struktur yang meliputi tri-dharma perguruan tinggi dan ter­-break down  menjadi tiga bidang : edukasi- kajian- peningkatan potensi perempuan.

13 srikandi yang tergabung dalam KPP BEM UA dalam masa kepengurusan selama 7 bulan kedepan bekerja bersama menggarap lima program besar dan beberapa program kecil terkait pengembangan kualitas perempuan Universitas Airlangga Khususnya, dan umum.
 (with spirit dan love, spread up inspiration to all ladies)

                                                         
                                               (Here we are... Srikandi in KPP BEM UA 2014!)

To be continued...

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar