Translate

Rabu, 26 Februari 2014

Forum Perempuan Airlangga


MENILIK PADA SEJARAH
   Forum Perempuan Airlangga yang sejatinya lebih dikenal dengan nama FP UA ini merupakan sebuah wadah pergerakan wanita Airlangga yang dibentuk oleh BEM KM Universitas Airlangga sebagai wujud supporting system BEM KM UA untuk ranah penggerak perempuan.

       Inisiasi untuk sebuah gerakan mahasiswi ini lahir saat Musyawarah Nasional BEM SI tahun 2009 di Solo. Saat itu mahasiswi  yang sudah sering mengikuti agenda-agenda BEM SI menyadari akan pentingnya sebuah forum mahasiswi yang berfungsi sebagai wadah peningkatan kapabilitas mahasiswi terkait gerakan mahasiswi dan informasi terkait isu-isu nasional dan isu-isu yang sifatnya kedaerahan. Maka tercetuslah ide untuk membuat sebuah forum.  Pada awalnya gerakan ini bernama AWSI ( Aliansi Wanita Seluruh Indonesia ), tetapi di tahun 2010 nama gerakan ini berubah menjadi Forum Perempuan BEM SI. Bentuk gerakan FP BEM SI ini pun merupakan satu kesatuan dalam aliansi BEM SI. Hal tersebut berarti apa yang menjadi visi dan misi BEM SI otomatis juga menjadi visi dan misi FP BEM SI serta isu yang diangkat oleh BEM SI pun menjadi tugas bagi FP BEM SI untuk ikut serta mensosialisasikan isu tersebut, baik ditataran Kampus maupun di tataran wilayah. Adapun fungsi dari forum ini adalah sebagai supporting system guna lebih memasifkan gerakan dan berperan dalam pemerataan informasi ke kalangan mahasiswi. Selain daripada itu, forum ini juga berfungsi sebagai wadah peningkatan kapabilitas diri mahasiswi yang universitasnya terganbung dalam aliansi BEM SI, dalam bidang sosial politik dan pergerakan mahasiswa (Platform FP BEM SI Periode 2013-2014,2013).

ARTI KEBERADAAN FP UA
        Sesuai dengan apa yang telah dirumuskan dalam platform FP BEM SI, Forum Perempuan Airlangga (FP UA) masuk kedalam sturktur forum dengan menjadi kampus wilayah.  Hal itu berarti arti keberadaan kita ialah sama seperti induk namun lingkup kerja nya terbatas pada BEM Universitas , tataran kampus, dan lingkungan sekitar.  FP UA pun dilahirkan di Universitas Airlangga ini untuk menjadi supporting system dari BEM KM UA. Yang mana isu-isu yang diangkat pun sama dengan isu-isu yang diangkat oleh BEM KM UA. Namun yang menarik dari FP UA ialah bahwa keanggotaan forum tidak terbatas hanya untuk member BEM. Selain memberwati BEM merupakan anggota wajib, namun forum menerima anggota dari luar BEM untuk kemudian menjadi staf ahli FP UA dan semua anggota FP UA disebut sebagai Srikandi. Tidak hanya itu, guna forum ini dapat dekat di hati dan ingatan para mahasiswi UA, visi dan misi kami memiliki warna lain yang membuat forum ini lebih flexible dan dinamis. Nilai moral yang dilahirkan dengan kelahiran FP UA ini ialah untuk menjadi sorot inspiratif para mahasiswi UA dan wanita disekitar kampus lainnya. Sejalan dengan motto kampus yaitu Excellent With Morality, para srikandi UA pun harus mampu menjadi leader inpiration bagi lingkungan sekitarnya. Membuka mata dan telinga untuk isu-isu sosial politik ditataran Kampus maupun luar Kampus, menajamkan kepekaan terhadap kebutuhan perempuan dan meningkatkan kapabilitas para srikandi UA yang sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.

VISI MISI

Visi : Meningkatkan kesejahteraan generasi Srikandi UA melalui peningkatan mutu Srikandi FP UA sebagai individu dan keluarga.

Misi :

1.       Menjadi sorot inspiratif bagi mahasiswa UA dan wanita-wanita disekitar kampus

2.       Meningkatkan kesadaran kritis mahasiswi UA terhadap isu-isu sosial, keamanan, politik, budaya, dan ekonomi.

3.       Memasifkan gerakan BEM KM UA dan berperan dalam pemerataan informasi ke kalangan mahasiswa.

Bentuk Program

                Forum Perempuan Airlangga sebagai supporting system  BEM KM UA memiliki dua bentuk program. Program pertama berkaitan dengan kajian strategis dan program kedua merupakan program eksistensi mutu. Program pertama FP UA bergerak dalam dua bidang, yaitu bidang sosial politik yang penanggung jawabannya di pegang oleh Lailatus Sa’idah, mahasiswi Fakutas Kedokteran Hewan Angakatan 2010 yang juga aktif dalam pergerakan politik. Bidang kedua berkaitan dengan pendidikan yang memiliki tanggungjawab mengedukasi para pembaca yang awam dengan isu-isu sosial terkini. Menyederhanakan bahasa kajian menjadi lebih sederhana dan dapat diterima oleh pemahaman semua pihak. Adapun program FP UA yang kedua ialah FP Do Business, yang merupakan ajang kreativitas srikandi UA dalam memutar roda ekonomi dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada disekitar. Melalui program FP Do Business ini, FP UA bertekad memandirikan diri dari kebutuhan finansial. Selain daripada itu, kami bercita-cita menjadikan program ini sebagai lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat lainnya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

Tagline : “Perempuan poros peradaban kehidupan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar